Hidup?  (Pt. 3)

Marah ada rasanya.

Semakin lama, semakin pahit di badan.

Pahit bukanlah rasa yang menjadi kesukaan orang-orang pada umumnya. Bahkan coklat yang pahit belum tentu disukai juga oleh pecinta coklat. Kalau kita makan sesuatu yang pahit, muka kita akan mengeluarkan ekspresi yang aneh. Lidah dikeluarkan lalu akan keluar suara “huek!”, atau “apaan nih?!”, atau “cuh!”, dikeluarkan dari mulut sesegera mungkin.

Tapi rasa pahit juga tidak selamanya buruk. Obat dan sayur misalnya. Keduanya memberikan manfaat. Obat menyembuhkan, sementara sayur memberikan asupan gizi dan vitamin untuk tubuh kita.

Lalu, bagaimana dengan marah?

Silahkan menengok sebentar ke tulisan gue sebelumnya Hidup (Pt. 2) untuk bisa nyambung ke bahasan kali ini.

Untuk gue, marah adalah pahit yang ada di coklat.

Coklat baik yang pahit atau tidak, memiliki kandungan Phenylethylamine. Zat tersebut akan membuat kita merasa bahagia. Begitupun marah.

Yang jelas tak ada kandungan zat apapun dalam kemarahan. Tapi marah memang membuat kita bahagia. Lega akhirnya apa yang kita rasakan dan pikirkan tumpah ruah. Orang mengerti apa yang kita mau. Bahkan bisa tunduk dan akhirnya bertindak sesuai dengan apa yang kita inginkan. Bahagia kan?

Tapi kebanyakan coklat juga tidak membawa kebaikan dan kebahagiaan jangka panjang. Seperti kata orang tua, “nanti sakit gigi”. Dan pada masa pertumbuhan tentunya akan menambah berat badan dan jerawat akibat lemak jenuh yang masuk ke dalam tubuh, dan masih banyak lagi. 

Sama halnya dengan kebanyakan marah. Bikin sakit kepala, lalu tak bisa melihat jernih keadaan, panik, dan kejenuhan berkelanjutan untuk orang-orang di sekitar karena selalu melihat kita dengan muka keras, berteriak, dan mengeluh. Jarak antara kita dan orang lain ‘membengkak’ karena ego yang kita ikuti terus dan terus. Kesepian juga bukanlah yang kita mau, kan? 

Marahlah secukupnya, pada waktunya, saat dibutuhkan. Pahit yang dikonsumsi terus menerus akan mengeringkan tulang dan kita pun jadi ringkih.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s